Sabtu, 02 Maret 2019

1

PRESS RELEASE FAMILY DAY & MOJANG DESA BINAAN GEN IX

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kembali lagi nih bersama kami, DESA BINAAN FMIPA UNJ

Yuk kita tes semangat dulu ya
DESA BINAAN...
AKU, KAMU, KITA, LUAR BIASA!
DESA BINAAN...
AKSI NYATA MEMBANGUN BANGSA!

Gimana nih kabar para pejuang? Semoga selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala ya semuanya. Setelah sebelumnya para pejuang Desa Binaan Gen IX dibagi menjadi divisinya masing-masing, kali ini kami mau memberikan press release acara yang kece banget nih, yaitu Family Day dan Mojang alias motivasi pejuang Desa Binaan Gen IX.

Alhamdulillah telah dilaksanakan acara Family Day dan mojang Desa Binaan Gen IX pada hari Kamis, 28 Februari 2019 di Monumen Nasional. Dengan dresscode bernuansa warna maroon, dongker dan hitam, acara kali ini dimulai pukul 9.00 Waktu Indonesia Berkumpul sampai dengan jam 15.00 Waktu Indonesia Bubaran.

Famday atau Family Day Desa Binaan dan Mojang alias Motivasi Pejuang merupakan salah satu program dari Divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM). Dengan mengusung tema "Bagikan Kebersamaan, Tumbuhkan Persatuan, Hasilkan Persaudaraan", acara ini diharapkan dapat meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama pejuang. Selain itu dengan adanya motivasi pejuang dari pemateri yang kece, diharapkan pula dapat menambah semangat dalam komitmen dan senantiasa tulus menebar kebaikan dari Pejuang Desa Binaan Generasi IX.

Untuk agenda kali ini dipandu oleh dua Master of Ceremony (MC) yaitu Arif Satrio Pamungkas dan Friska Valencia Yolanda.


Kedua MC kita

Agenda pertama dibuka dengan pembacaan doa yang dipandu oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan tilawah yang dibacakan oleh salah satu pejuang yaitu Nur Muhammad Fadillah.


Tilawah

Setelah tilawah, maka masuklah ke agenda berikutnya yaitu sambutan oleh ketua pelaksana Family Day Desa Binaan Gen IX, Radhif Ibra Caesarino sebagai ucapan selamat datang dan terimakasih kepada para pejuang yang turut hadir meramaikan acara.


Sambutan Ketua Pelaksana

Agenda berikutnya setelah sambutan oleh ketua pelaksana adalah sambutan oleh Kepala Desa Binaan Gen IX yaitu Muhammad Nabil Fauzul. Sebagai ketua yang dengan senang menyambut para pejuang yang hadir membersamai jalannya rangkaian acara.


Sambutan Kepala Desa Gen IX

Kemudian masuklah ke agenda yang ditunggu-tunggu yaitu pemberian materi oleh Kak Imam Bagja selaku Wakil Kepala Desa Binaan Gen V. Materi disampaikan dengan santai namun penuh makna. Pengalaman-pengalaman semasa periode generasi V yang diceritakan sungguh menggugah semangat dan menginspirasi.


Materi Motivasi Pejuang

Adapun kesimpulan dari materi yang diberikan ialah bahwa segala sesuatu yang kita pikirkan adalah definisi dari perbuatan yang terjadi pada kita. Jika  kita melihat sesuatu dengan besar, maka akan menjadi besar dan apabila kita melihat sesuatu sebagai hal yang kecil maka hal tersebut akan menjadi kecil. Padahal tidak selalu semua yang kita lihat adalah apa yang sebenarnya. Bisa saja kebaikan kecil yang kita lakukan, bagi orang lain merupakan hal yang berdampak besar. Karena itu, jangan sekali- sekali kita meremehkan kebaikan sekecil apapun. Setelah pemberian materi motivasi pejuang, dilaksanakan sesi tanya jawab dari pejuang. Pertanyaan pertama diajukan oleh Nur Hesti Ningrum, dan pertanyaan kedua oleh Adam Julio Waskito. Setelah terjawab, penanya diberikan hadiah. Tak lupa ada pemberian bingkisan oleh ketua pelaksana kita untuk Kak Imam Bagja sebagai apresiasi atas kehadirannya dan materi bermanfaat yang telah disampaikan.


Pemberian Bingkisan Kepada Kak Imam

Setelah itu, masuklah kita ke agenda  seru berikutnya yaitu games pertama, permainan berkelompok yang harus menguraikan tali dari bercabang yang rumit menjadi satu lingkaran utuh. Permainan ini membutuhkan konsentrasi dan komunikasi yang baik dari setiap pejuang untuk dapat menyelesaikannya sebelum waktu habis.


Keseruan Games Pertama

Setelah games yang pertama selesai, para pejuang dipersilahkan untuk ishoma. Secara bersama-sama yang muslim berjalan ke mushalla terdekat untuk melakukan shalat dzuhur berjamaah. Kemudian kembali berkumpul di tempat semula untuk makan bersama.



Makan Bersama

Agenda berikutnya setelah makan bersama ialah games kedua yang  tak kalah seru, permainan ini mengadu kecepatan dan kekompakan antar kelompok. Kebahagiaan menyertai kebersamaan para pejuang. Sebagai hasil akhir, permainan dimenangkan oleh kelompok hijau untuk tim perempuan dan kelompok cokelat untuk tim laki-laki.





Keseruan Games Kedua

Kemudian setelah games selesai dilanjutkan dengan acara tukar kado antar para pejuang. Teknisnya adalah  para pejuang duduk melingkar lalu satu orang menyampaikan sebuah cerita dengan kata kunci kanan dan kiri. Jika mendengar kata kanan, maka kado dioper ke sebelah kanan. Begitu pula jika mendengar kata kiri, maka kado dioper ke sebelah kiri.


Tukar Kado Antar Pejuang

Setelah tukar kado maka sampailah di penghujung acara yaitu penutup yang kembali dipandu oleh MC, sebelumnya terdapat pengumuman pemenang dan pemberian hadiah dari permainan yang telah dilakukan.


Pemberian Hadiah Kepada Perwakilan Kelompok

Selanjutnya acara Family Day Desa Binaan Gen IX ditutup dengan do'a bersama. Kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh pejuang Desa Binaan Gen IX.


Pejuang Desa Binaan Gen IX

Tidak lupa pula, selalu menggaungkan seruan penyemangat!

DESA BINAAN...
AKU, KAMU, KITA, LUAR BIASA!
DESA BINAAN...
AKSI NYATA MEMBANGUN BANGSA!

HIDUP MAHASISWA!
HIDUP RAKYAT INDONESIA!
HIDUP PENDIDIKAN INDONESIA!
HIDUP PEREMPUAN INDONESIA!

Semoga maksud serta tujuan acara ini telah tersampaikan dengan baik. Sehingga selain menyenangkan, dapat memberikan manfaat dalam kebaikan. Sampai jumpa kembali di berbagai agenda kece dan bermanfaat dari Desa Binaan FMIPA UNJ lainnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

#DesaBinaanFMIPAUNJ
#AkuKamuKitaLuarBiasa
#AksiNyataMembangunBangsa

Penulis : Vidya Kusumah Wardani (Pendidikan Fisika 2018)
Penyunting: Segenap tim Infokom Gen IX

1 komentar: