Selamat Datang Para Pejuang Bangsa, Desa Binaan FMIPA UNJ, Kontribusi Nyata Membangun Bangsa

Senin, 12 September 2016

Madrasah Desa Binaan 4

Edit Posted by with No comments
Bismillah Field Report Madrasah Desa Binaan Jilid IV
✨ Assalamu'alaykum Wr. Wb✨ 

🔑 Kuncinya adalah Sabar
Oleh: Kak Evarani Jihan Yoanda

Mengapa bersabar dalam mendidik anak itu penting?
Sebab anak merupakan investasi dan berpengaruh di masa depan. Anak yang berperilaku baik kemungkinan besar dapat membangun masa depan lebih baik, namun jika anak yang buruk, akan seperti apakah masa depan nantinya?
Karena sebenarnya anak bandel itu untuk menunjukkan keeksistensian dirinya. Kalau kita marah berarti kita “kalah” darinya, dan hal tersebut salah. Seharusnya kita memenangkan hatinya.

🔅Pengaplikasian Sabar:
1. Sabar dalam mengajarkan kebaikan pada anak
2. Sabar menjawab pertanyaan anak. Karena justru ketika anak bertanya pada kita itu merupakan lading untuk menjelaskan mana hal yang baik dan mana hal yang buruk dan selalu ingat karena anak bukanlah orang dewasa didalam tubuh yang kecil
3. Sabar dalam mendengarkan curhatan anak. Cobalah untuk menjadi pendengar dan teman yang baik bagi mereka
4. Sabar ketika ikhtiar kita mendidik anak belum maksimal
5. Sabar ketika emosi sedang memuncak
Ketika hal ini terjadi kita harus bisa menahan emosi kita, dan tunggu emosi reda. Selain itu kita harus dapat memposisikan diri kita sebagai mereka (anak).
Pahami mereka, kemudian ajak berdialog dan terima argument dari anak, ketika emosi sudah mereda, beritahukan nilai-nilai yang benar saat kondisi santai dan jangan seperti memojokkan sang anak.

🔅Metode mendidik dengan kesabaran (ketika anak melakukan kesalahan/sesuatu yang tidak baik):
1. Membangun keteladanan. Jangan sampai kita sebagai pendidik meredam kemarahan dengan kemarahan pula ke anak
2. Ajak anak berdialog tentang hal tersebut
3. Jadikan korban. Misal si anak suka sekali menjahili teman-temannya, dan ketika si anak dijahili oleh temannya kita bisa berikan pengertian kepada si anak kalau dijahili itu tidak enak
4. Tunjukkan kerugiannya
5. Pendinginan. Setelah menasehati anak sebaiknya lakukan pendinginan, misalnya dengan mengajak jalan-jalan

🔅Tips supaya bisa sabar:
1. Berlatih untuk sabar secara bertahap, jika belum berhasil dalam suatu waktu, jangan putus asa dan teruslah belajar bersabar
2. Berdoa agar Tuhan menyuburkan sifat sabar dalam hati kita
3. Berilmu, dengan mencari tahu keutamaan sabar, kelebihannya, dll
4. Berteman dengan yang bisa mendukung untuk sabar
5. Saling mengingatkan dengan partner dalam mendidik anak

“Ibarat bercocok tanam, tanamlah bibit unggul dan sabar dalam merawatnya, maka akan menuai buah yang ranum nantinya.”

💌 Semoga kakak-kakak Desa Binaan selalu termasuk kedalam orang-orang yang memiliki kesabaran luar biasa, apalagi dalam menghadapi adik-adik Desa Binaan yaa😂👊🏻

Rabu, 13 Juli 2016

Madrasah Desa Binaan 3

Edit Posted by with 1 comment

Bismillah

Field Report Madrasah DB Part 3

Menjadi Teladan Bagi Adik DB

✨Assalamu'alaikum Wr. Wb.✨

Pada hari  Sabtu, 18 Juni 2016 Desa Binaan mengadakan Madrasah DB dengan judul Menjadi Teladan bagi Adik DB. 


Acara dimulai dengan pembukaan Oleh Hadi sebagai mc, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Ronaldo.

Setelah itu, acara pun dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Kak Zidni

Dalam materi tersebut ka Zidni menuturkan hal-hal berikut :

Menjadi contoh bagi adik DB mudah. Hal tersulit yaitu menjadi teladan yang baik bagi mereka. Lantas apa yang harus dilakukan?

1⃣ Luruskan niat
Datang ke Desa Binaan jangan untuk mengubah mereka menjadi lebih baik. Karena pada hakikatnya, berubah menjadi lebih baik berasal dari hati kecil masing-masing orang. Tapi niatkan untuk mentransfer ilmu dan mencari ridho Allah

2⃣ Jadilah diri kalian yang terbaik didepan adik DB.
Karena pada dasarnya anak adalah seorang pelaku imitasi yang paling baik. Jaga sikap dan ucapan, jadilah contoh yang baik dan dapat ditiru oleh mereka

3⃣ Menjadi yang paling dekat dengan mereka.
Berilah perhatian lebih dan peduli. Karena jika sudah mendapat hati seorang anak, mereka akan cenderung percaya dan akan mendengarkan kita. Jgn sampai mereka mempunyai tokoh yg lebih buruk dan dekat dgn mereka.

4⃣ Buat mereka nyaman saat di DB.
Karena waktu yang dihabiskan di DB lebih sedikit dibanding di lingkungan mereka. Akan sulit untuk mengontrol sikap mereka saat diluar. Buat mereka nyaman sehingga mereka akan rindu untuk datang ke DB.

Ka zidni juga tidak lupa untuk memberikan saran untuk para pejuang DB.

1# Luruskan niat

2# Menghibahkan waktu lebih banyak untuk mereka

3# Sering berkunjung ke lingkungan mereka

4# Sering berkunjung ke orang tuanya. Pahami bagaimana orang tuanya

5# Memberi perhatian lebih kepada mereka❤

6# Jadilah pendengar yang baik

7#  Beri perlakuan terhadap mereka sesuai porsinya. Karena setiap anak tidak bisa disama ratakan saat memberi perlakuan terhadap mereka

8# Jangan hanya mengajarkan anak tentang pelajaran sekolah. Ajarkan mereka untuk paham bagaimana menghadapi dunia

9# Budayakan untuk sopan santun

10# Jika memang sulit untuk mengubah perilaku mereka, ubah dari hal yang sederhana. Misalnya tidak buang sampah sembarangan

11# Jika merasa lelah introspeksi diri. Bagaimana interaksi kalian dengan Allah?★

"Kalian orang hebat. Tangan kanan kalian menggenggam amal jariyah dan tangan kiri kalian menggenggam dosa jariyah. Mana yang akan kalian pegang erat? Karena mendidik tidak sebercanda itu"
-M. Zidni Rizky Ardani-

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

#DesaBinaanFMIPA
#AkuKamuKitaLuarBiasa
#AksiNyataMembangunBangsa
#MadrasahDBPart3

Minggu, 17 April 2016

Madrasah Desa Binaan 1

Edit Posted by with No comments

“Memahami Psikologi Anak Usia Sekolah Dasar”
Oleh : Kak Evarani Jihan Yoanda

Diskusi hari ini dibuka dengan pertanyaan ka Jihan seputar masalah yang sering terjadi saat menghadapi adik-adik DB. Menurut teman-teman ada beberapa masalah yang sering dihadapi, yaitu :
  1. Adik-adiknya susah menuruti kakak-kakaknya.
  2. Adik-adiknya tidak mau mengikuti agenda yang sudah direncanakan.
  3. Adik-adiknya suka bertengkar.
  4. Adiknya mudah ngambek dan sebagainya.

  • Selanjutnya kak Jihan memaparkan, seperti apa karakter anak usia Sekolah Dasar pada umumnya :
  1. Suka bermain.
  2. Suka bergerak. Itulah sebabnya, mereka tidak bisa lama-lama duduk diam seperti orang dewasa.
  3. Suka bekerja dalam kelompok
  4. Lebih suka praktek langsung. Daripada mendengarkan teori yang berkepanjangan, mereka lebih suka melihat praktek langsungnya saja.
  • Karakter Pendidik Sukses (Disingkat SETEL) :
  1. SElingan dalam memberi nasihat. Misalnya : saat anak-anak sedang bermain, dapat diselingi dengan memberikan nasihat.
  2. TEnang. Tenang dalam mengambil keputusan. Misalnya : ketika adiknya meminta sesuatu, coba pikirkan dulu dampak kedepannya seperti apa, apakah dapat membuat manja dan sebagainya.
  3. Lembut (penyayang, berbicara memakai hati). Karena anak-anak bukanlah orang dewasa yang berada dalam tubuh yang kecil.
  • Kalau anak mau menceritakan sesuatu ke kita, tandanya mereka percaya pada kita, maka kita harus menghargai hal tersebut. Beberapa contoh cara menghargai anak yang jangan dilupakan:
  1. Kalau berbicara, menghadap sepenuhnya ke mereka. Karena dengan seperti itu, mereka merasa dihargai oleh kita.
  2. sebut namanya atau dengan panggilan yang baik. Karena nama-nama itu sesuatu yang sederhana tapi berharga nilainya.
  3. Berikan pujian dengan tulus dan jujur, bukan cuma mau membuat senang sang adik tapi tidak sesuai dengan keadaannya.
  4. Tatap matanya dengan kewibawaan.
  5. Berikan senyum terbaik. Kalau kakak-kakak sedang ada malasah/tidak mood, coba tenangkan diri dahulu hingga emosinya stabil, baru hadapi adik-adiknya lagi.
  6. Kalau anak bertengkar, berusahalah bersikap seadil mungkin. Dengar cerita dari kedua pihak yang bertengkar, jangan hanya sepihak.
  • Jangan ragu untuk mengusap kepala anak! Apa pentingnya sih??
  1. Rasululloh SAW pernah mencontohkan hal tersebut, sebagai bentuk perhatian terhadap anak-anak kecil.
  2. Munurut sebuah penelitian, dapat meningkatkan kedekatan kedua pihak.
  • Pertanyaan-pertanyaan :
  1. Pertanyaan dari Fitri : "Bagaimana kalau sang adik bandel, udah dilihatin sama kita tapi sang adik ngga peka dan tetep berulah?" Jawaban : Memang hal itu tidak langsung berhasil hanya dengan 1 kali mencoba, kalau sudah berkali-kali mencoba menasehati lewat tatapan tapi berhasil maka yang harus dilakukan adalah bersabar. "Karena sehebat apapun metode yang diterapkan, kalau sang guru tidak sabar maka tidaklah akan berhasil. Karena kuncinya adalah sabar"
  2. Pertanyaan dari Hadi : "Menangani anak yang sudah kebal ditegasi sama kita karena dia bandel, hingga ketegasan kita ngga mempan, harus bagaimana?" Jawaban : Berikan contoh teladan, karena yang dibutuhkan bukanlah beribu-ribu ucapa tapi lebih baik langsung contoh perbuatan.
  3. Pertanyaan dari Feby : "Kakaknya sedikit, tapi adiknya yang datang banyak, harus gimana?" Jawaban : Kalau tidak memungkinkan untuk menjalankan agenda hari itu, ajak main dengan cara lain saja, tapi konsepnya harus tetap jelas dan yang terarah (ada manfaatnya). Tambahan dari Ka Faik : Ajakin anak-anak BEMF yang lagi kosong, buat bantu-bantu ngajar :)
  4. Pertanyaan dari Ka Shabrina : "Gimana kalau misalnya lagi main tebak-tebakan, ada 2 orang anak A dan B. Ketika si A bisa menjawab, si B ngambek karena kita memuji si A. Tetapi ketika memuji si A. Tapi ketika selanjutnya B bisa menjawab dan kita memujinya, giliran si A yang ngambek. Apa yang mesti dilakukan?" Jawaban : Ketika kita muji anak di hadapan teman-temannya, usahakan tetap jangan fokus pada 1 anak. Tapi pacu juga teman-teman yang lain dan besarkan hati mereka supaya tidak iri dengan anak yang mendapat pujian dari kita.
  5. Pertanyaan dari Ka Diah : "Bagaimana cara memaksimalkan 2 hari yang hanya sekitar 2 jam untuk mengarahkan adiknya ke yang lebih baik? Sedangkan kita tau, waktunya lebih banyak dihabiskan di lingkungan sekitar rumahnya dan keluarganya." Jawaban : Yang mereka butuhkan adalah sosok. Maka tampilkan sosok yang baik untuk mereka, supaya dapat membekas diingatan mereka dan dapat mereka contoh dikemudian hari.


Terima kasih :)

Jumat, 04 Maret 2016

Desa Binaan Minggu ke 2

Edit Posted by with No comments
“Suatu hal yang luar biasa terjadi dari hal kecil”


HAAAAAAAIII SEMUAAAAAA!
                Masuk minggu kedua semester Desa Binaan nih! Gimana kabar raganya? Jiwanya? Hatinya? Semoga diberikan kesehatan dan kedamaian oleh Allah SWT ya~ Aamiin!

Uuuuu~
Hari selasa dan rabu kemarin DB kumpul seperti biasa di Saung ungu, dengan para pejuang yang tidak pernah padam semangatnya. Warbiasyaah..


                Lagi-lagi agenda tidak berjalan sesuai jadwal di hari selasa karna kesalahan teknis. Beberapa Pejuang mengkritik hal ini, tapi tenang, bukan Desa Binaan namanya kalau tidak bisa melewati tantangan ini. Berbagi ilmu itu bisa lewat berbagai macam cara kok~ Agenda dialihkan sesuai dengan keinginan adiknya, ada yang memilih mewarnai, membaca/mendengarkan cerita, belajar daaaannn main lari-larian yang paling jadi favorit!
Adik-adik DB asik main petak jongkok
                Selain itu, dihari selasa kemarin kita juga kedatangan tamu dari Comdev Fe lhooo. Terimakasih atas kunjungannya kakak-kakak seperjuangan dari Comdev FE^^

foto bersama teman-teman dari Comdev FE

                Kuy, beralih ke hari rabu. Agenda yang sempat tertunda dihari selasa akhirnya terlaksana di hari rabu ini. Agenda itu adalaaaahhh... dumtakdumceess~ ENGLISH DAY!!!*gak tau harus seneng atau sedih* *kakaknya juga gak bisa bahasa inggris*
                Adik-adik begitu antusias mengikuti agenda, walau ada beberapa adik yang merasa bosan pada akhirnya. Mungkin karena tidak terbiasa dengan bahasa asing. Besok-besok kita bikin yang lebih seru lagi, biar dik adik gak bosen ya!
               

                Gimana? Seru kan ceritanya? Woo iya doong. Desa Binaan.
                Kadang kita lelah sehabis kuliah, bete sama tugas-tugas dan dosen, kesel sama temen sekelompok yang cuek, tapi di Desa Binaan semua beban itu terangkat. Senyum, dan tawa riang, serta panggilan dari adik-adik kecil itu seperti penenang yang paling ampuh. Berbagi ilmu dan cerita sambil memperhatikan kepolosan mereka yang lucu.
Awalnya mungkin sulit untuk beradaptasi sama anak-anak yang kadang nolak orang asing, tapi waktu kita dapet hati dan perhatiannya, yakin deh kita bakal ketagihan dan istiqomah di jalan juang ini. Semoga temen-temen bisa ngerasain perasaan itu ya! Tetep berjuang dan jangan menyerah!




















“Bahagiakanlah orang lain meskipun engkau tidak bahagia, bisa jadi kebahagiaan itu hadir saat engkau membahagiakan mereka.”

Jumat, 26 Februari 2016

Lirik Jingle Desa Binaan FMIPA UNJ

Edit Posted by with No comments
              Pernah dengar kakak-kakak DesaBinaan menyenandungkan lagu yang bawa-bawa desa binaan? lagu apa sih itu? Yup! Desa Binaan sekarang punya Jingle. Keren kan! penasaran sama lirik nya?  Cek it out~



                Ketika Matahari tenggelam
                Kusiap kan Semangat terbaik ku
                Untuk bertemu dan berbagi ilmu
                Kuajak Teman-teman ku ketempat..


DESA BINAAN, Desa Binaaan..
Belajar dan bermain
Desa Binaan, Desa Binaan..

Aku Kamu Kita Luar biasa(2x)



       ---Lirik & Musik by Bella Almira