Selamat Datang Para Pejuang Bangsa, Desa Binaan FMIPA UNJ, Kontribusi Nyata Membangun Bangsa

Jumat, 03 Maret 2017

Opening Desa Binaan Gen 7

Edit Posted by with No comments
            Sabtu, 25 Februari 2017 kemarin ada acara loooh di Saung Ungu tercinta❤
Kira-kira ada yang tau gak yaa ada acara apa? Yaaap bener banget niiih, sesuai sama judul tulisan ini, hari sabtu kemarin ada acara *OPENING DESA BINAAN 2017*
YeaaayπŸŽ‰πŸŽ‰

Setelah sekian lama kita mengisi waktu libur di "rumah", setelah sekian lama kita gak bisa ketemu, bermain dan belajar bareng adik-adik tertjinta kitaa dan akhirnya semua rasa rindu itu bisa sedikit terobati di *OPENING DESA BINAAN 2017* iniii... Pasti pada penasaran kaan kita kemarin ngapain aja di opening db? 😏 Untuk mengobati rasa rindu kaka-kakak, terutama yang kemarin belum sempat hadir, yuk disimak yaa kakk field reportnya iniπŸ‘‡

Sebelum acara dimulai, para pejuang db udah siap-siap di sangu dari pukul 07.00 loooh😎 untuk menyiapkan hadiah, konsumsi daaaan yang paling seru kita akan menghias Saung Ungu πŸŽ‰πŸŽ‰ #rajinnya. Buat yang penasaran Saung Ungu jadi kayak gimana setelah dihias, bisa cek nih di IG kita hohoho *@desabinaan_fmipa*

Acara opening direncanakan akan dimulai pukul 09.30, namun karena semangat adik-adik Desa Binaan yang sangat besar, mereka udah datang jauh sebelum acara dimulai looh! waaah semangat banget kaan merekaaa? Keseruan di opening desa binaan bukan hanya disitu looh, kita juga bermain di saung ungu bersama adik-adiknyaπŸ’œ bermain balon serta properti lain yang seharusnya dipakai untuk meghias saungπŸ˜… duh emang yaah adik-adik kita ini kreatifnya tak terbatas hehehe..πŸ˜‡

Waktu sudah menunjukkan pukul 09.30 yang artinya acara opening desa binaan akan segera dimulai... Acara diawali dengan pembukaan yang dibawakan oleh MC yakni Hana Safitri dan Ibrahim. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat Al-Fatihah bersama-sama yang dipandu oleh Mahbub dan perkenalan oleh adik-adik..

Perkenalan adik-adik DB

Setelah satu jam belalu sekitar pukul 10.00, acara dilanjutkan dengan bermain Games bersama adik-adik di samping GSG daan seperti biasaa niih adik-adik kita ini terlihat senang dan semangat kalo udah diajak main gamesGames kali ini adalah bermain menggunakan sendok dan kelereng, adik-adik di sini dilatih untuk menjaga keseimbangan juga dilatih kecepatannya dan permainannya ini estafet berkelompok loooh! satu kelompok terdiri dari 5 adik-adik..πŸ‘―πŸ‘―πŸ‘―πŸ‘―πŸ‘―

Games estafet kelereng

Mereka lucu banget saat bermain permainan iniπŸ˜„ ada yang panik karena kelerengnya jatuhπŸ˜… ada yang hanya ikut untuk menyemangati teman sekelompoknya✊ ada yang terlihat terburu-buru saat bermain karena semangat mau menang. duuuh, pokoknya lucu-lucu nan menggemaskan sekali adik-adik kita iniii❤


Sekitar pukul 10.40, Adik-adiknya udah keliatan capek banget nih setelah bermain😞 untuk membuat mereka semangat lagi, kakak-kakak membagikan snack dengan syarat mereka harus berbaris yang rapi. Setelah adik-adik semua berbaris rapi dan sudah dapat snack semuanya, kita menuju saung ungu untuk acara makan snack bersama

Pembagian snack

Eh iyaa setelah acara makan-makan snack di saung ungu, gak lupa dong ada pembagian hadiaaahπŸŽ‰ dari lomba kelereng tadi, didapat 2 kelompok pemenangπŸ† yaitu satu kelompok putra dan satu kelompok putri🎁🎊🎁
Juara I
Kelompok Tomi
Juara II
Kelompok Mutiara

       Waaah ga kerasa nih waktu sudah menunjukkan pukul 11.00, yang itu artinya acara sudah berakhir dengan ditutup oleh MC dengan pembacaan doa penutup dan tak lupa sesi foto-foto bersama adik-adikπŸ“·πŸ“·

Seru banget kaaaan agenda DESA BINAAN kali ini? Nantikan keseruan lainnya bareng adik-adik Desa Binaan yang menggemaskan yaaaa

#DesaBinaanFMIPA
#AkuKamuKitaLuarBiasa
#AksinyataMembangunBangsa

Sosialisasi Desa Binaan

Edit Posted by with No comments

Pada suatu sore di tanggal 23 Februari 2017 tepatnya hari Kamis,  kami para pejuang Desa Binaan melakukan agenda pertama kami. “Ngapain ya agendanya?? YUP! Benar, sosialisasi. Pada kegiatan sosialisasi ini kita memberi tahu kepada adik-adik dan para orang tua Desa binaan, kalau desa binaan mau… “mau ngapain tuu?” Mau mulai agenda rutin! Yuhuuu! Jadi ga sabar nih mau main lagi sama adik-adik tercintah. Kegiatan sosialisasi di Kayu Jati ini kami ditemani oleh ka Taofik (kades DB gen 5), ka Hadi (kades DB gen 6) dan beberapa BPH gen 6. Ada juga kadept sospol BEM FMIPA yaitu ka Chandra. Pasti kenal kan ka Chandra?

“Jadi sosialisasi tuh ngapain sih?” hmm begini, Jadi kita jalan-jalan nyamperin adik-adiknya. Ada yang lagi main, lagi ngaji, terus ada juga yang lagi di rumah. Nah, pas kita lagi nyamper adik-adiknya yang lagi ngaji, Waaaahhh kita disambut meriah! *oke berlebihan* tapi intinya adik-adiknya seneng banget loooh kita dateng dan ngabarin DB mau mulai lagi.. nah lanjut, kita keliling lagi ke rumah adik-adiknya. Dan kita kembali disambut hangat sama dede-dedenya yang kangen sama program debe ini, tidak lupa juga kami memberikan lembar formulir kepada adik-adiknya untuk data diri dan kami mengajak juga orang tuanya untuk hadir saat opening nanti. Saat di perjalanan, kami bertemu dengan salah satu adik DB yang baik hati J yang membantu kami menunjukkan jalan dari rumah teman-temannya di Kayu Jati hingga daerah balap sepeda, namanya Tri. Tri ini salah satu adik yang paling bersemangat buat ikut agenda DB lagi nih.. waah kaka-kaka semangatnya jangan kalah ya sama Tri! heheπŸ˜„
*Ini jadi satu ladang amal tersendiri loh, karena kita ndak tau kan? Amal apa yang ngebantu kita untuk diangkat sama Allah untuk keluar dari nerakanya dan masuk ke surganya hehe..


Setelah sampai di daerah balap sepeda untuk membagikan formulir dan sedikit kenangan untuk adik-adiknya, kita balik lagi nih ke tempat pengajian karena tadi kita nggak ketemu semua dedenya, sebelumnya ada beberapa dede yang sedang setoran hapalan. Bertemulah kita dengan seorang anak kecil yang lucu, berpakaian layaknya imam masjid di Mekkah sana. Menggunakan gamis, peci putih. Namanya aji, ya dede ini merupakan favourite beberapa kaka yang sebelumnya sudah ngajar di DB. Karena tingkahnya yang mungkin agak menggemaskan yaaa.Dan juga saat kita balik  lagi ke tempat pengajian, banyak juga adik-adik yang kangen nih sama kakanya, Wabil khusus ka Taufiq dan ka Nadhirah.

Intinya, agenda hari ini seruuu banget. Itu bisa terlihat dari ekspresi kakak–kakaknya yang seolah tersenyum lega saat hendak kembali ke kampus B FMIPA UNJ. Ya semoga kedepannya adik-adik yang ikut dalam agenda Desa Binaan lebih banyak dan diharapkan kedepannya Desa Binaan dapat membantu mewujudkan visi Desa Binaan sendiri. Yaitu membantu mewujudkan cita-cita umat.

Segini dulu yaaa cerita Desa Binaan hari ini. Ikuti terus cerita-cerita mnggemaskan tentang adik-adik Desa Binaan. Yuuuk jargon dulu....

#DesaBinaanFMIPA
#AkuKamuKitaLuarBiasa
#AksiNyataMembangunBangsa



Kamis, 02 Maret 2017

Rapat Perdana Pejuang Desa Binaan Gen 7

Edit Posted by with No comments
Assalamu’alaikum wr, wb.
          Hello guysπŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹ apa kabar para pembaca setia blog Desa Binaan FMIPA UNJ? Semoga selalu dilimpahkan keberkahan dari Maha Pencipta. Sudah lama ya tidak bertegur sapa lewat kalimat yang akan menceritakan tentang keseruan, dan kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Binaan FMIPA UNJ. Apalagi libur semester yang cukup lama, pastinya membuat para pembaca dan juga kami selaku anggota dan pengurus Desa Binaan FMIPA UNJ rindu akan kegiatan-kegiatan yang peran utamanya adalah adik-adik kecil yang bertempat tinggal di daerah Kayujati, Pulogadung, Jakarta Timur.

Masa sebulan liburan telah berlalu, tapi tidak menyurutkan semangat para pejuang Desa Binaan FMIPA UNJ untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya untuk membina dan mendidik adik-adik yang kondisi finansialnya kurang beruntung. Bahkan, divisi kurikulum tetap produktif untuk membuat serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan-bulan berikutnya.

Salah satu agenda sebelum masa liburan habis adalah “Rapat Perdana Generasi ke-7”, yang dilaksanakan pada 22 Februari 2017. Sebelum masuk ke inti pembicaraan pada rapat ini, seluruh anggota harus memperkenalkan diri, seperti : nama, penempatan divisi dalam Desa Binaan FMIPA UNJ, serta motivasi dan alasan untuk kedepannya.

Kenapa harus memperkenalan diri terlebih dahulu? Karena, beberapa bulan sebelum rapat perdana dilaksanakan, Desa Binaan FMIPA UNJ membuka “Open Recruitment” bagi seluruh mahasiswa/i yang ingin ikut serta dalam keanggotaan dan juga kepengurusan organisasi ini. Pendaftaran anggota baru dilakukan secara online, yaitu dengan mengisi formulir via google form, dan kemudian mahasiswa/i yang terpilih akan dihubungi lebih lanjut oleh salah satu pengurus Desa Binaan FMIPA UNJ.

Rapat perdana yang berlangsung tersebut dihadiri oleh kurang lebih 40 anggota Desa Binaan Generasi ke-7, dan selebihnya dihadiri beberapa kakak tingkat yang telah lebih dulu berkecimpung dalam organisasi ini. Pembahasan intinya membicarakan mengenai “Sosialisasi Desa Binaan FMIPA UNJ”, yaitu agenda yang bertujuan untuk mengajak adik-adik sekitar Kampus B UNJ, terutama daerah Kayujati untuk menjadi peserta didik di Desa Binaan.


Selain itu, rapat perdana ini membahas tugas dan tanggung jawab yang akan dilaksanakan oleh semua anggota, dan pengurus Desa Binaan FMIPA UNJ sesuai dengan penempatan divisinya masing-masing. Setiap koordinator per divisi, mengumpulkan anggotanya untuk pembahasan secara internal. Setelah agenda sosialisasi, agenda selanjutnya adalah “Opening Desa Binaan FMIPA UNJ”, yaitu adik-adik yang telah mendaftar menjadi peserta Desa Binaan untuk datang, dan bertatap muka secara langsung dengan para anggota Desa Binaan. Wah, pasti seru ya bermain, berkumpul, dan juga belajar bersama adik-adik yang daya kreativitasnya tinggi.

Divisi MP (Kurikulum dan Sarpras)

Divisi PSDM

Divisi INFOKOM

Ingin mengetahui kelanjutan dan keseruan agenda-agenda Desa Binaan FMIPA UNJ selanjutnya? Tetap jadi pembaca setia Blog Desa Binaan FMIPA UNJ ya, dan nantikan cerita-cerita dan juga agenda-agenda yang lebih seru lagi pastinya.

#DesaBinaanFMIPA
#AkuKamuKitaLuarBiasa
#AksiNyataMembangunBangsa

Wassalamu'alaykum wr, wb.

Sabtu, 25 Februari 2017

Seminar Parenting Festival Comdev 2016

Edit Posted by with No comments

[FESCOM(Festival comdev)]

Jakarta(09/10/2016), Desa Binaaan FMIPA UNJ kembali melanjutkan rangkaian Festival Comdev dengan mengadakan acara seminar parenting. Acara yang bertemakan "Mendidik anak, intelektual atau karakter?" dilaksanakan di Masjid At-Taqwa, kayu jati V

Seminar parenting dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 11.45 WIB. Dipandu oleh Feby Dwitri Putri, selaku MC dan dihadiri oleh 18 orang Warga Kayu Jati V.

Acara seminar diawali pembacaan ayat suci Al- Qur'an oleh Deni Harsalisaman. Dilanjutkan dengan pembacaan CV pembicara yang dibawakan oleh Diah Ayu Rizkiana selaku moderator. Pemaparan materi oleh Dr. Sabriati Abdul Aziz M.Pdi bersama teman beliau mengenai cara mendidik anak yang baik dan benar.

Berikut adalah pemaparan singkat mengenai materi yang disajikan :
1. Akhlak merupakan sifat harian yang tergambar dari perilaku dan ucapan
2. Tentu, akhlak yang patut dicontoh adalah akhlak Rasulullah SAW sebagai uswatun hasanah (teladan terbaik)
3. Yang terpenting dilakukan pertama kali adalah pendidikan akhlak
4. Berpegang pada Al-Qur'an surat 66 ayat 6 : "Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka"
5. Orangtua bertanggung jawab dalam membentuk akhlak keluarganya
6. Dalam mendidik anak, orangtua juga perlu bahagia
7. Bagaimana cara menjaga keluarga dari api neraka?
a. Ajarkan anak-anak adab/akhlak
b. Ajarkan anak-anak ilmu
8. Adab ada 2 point : adab kepada Allah dan kepada orang lain
9. Ciri keluarga yang bebas dari api neraka
a. Menegakkan shalat
b. keluarga yang selalu beristighfar dan meminta maaf
10. Orangtua jangan gengsi atau malu untuk meminta maaf kepada anak jika khilaf
11. keluarga yg taat kepada Allah (Perhatikan perintah & larangannya)
12. Pesan buat orangtua di rumah : jika menuruti pekerjaan harian gak akan ada habisnya, yuk luangkan waktu untuk mengingat Allah, mengingat dosa-dosa, dan beristighfar, jika ada yg salah kepada kita maka maafkanlah.

Setelah penyampaian materi, warga sangat antusias dalam bertanya bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar tanpa pemaksaan dan bagaimana seharusnya peran seorang ayah dalam mendidik sang buah hati. Anutisiasme juga terjadi saat pemberian doorprize berupa sembako. Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pembicara. Acara seminar parenting diakhiri dengan sesi foto bersama pembicara, panitia dan juga warga Kayu Jati.

FIELD REPORT Festival Comdev 2016

Edit Posted by with No comments

Jakarta (8/10/2016), Desa Binaan FMIPA UNJ tengah mengadakan sebuah rangkaian acara Festival Comdev yaitu Perlombaan Anak dengan tema "Aku, Kamu, Kita Cerdas Bersama". Registrasi dimulai pukul 08.30 WIB, dan acara dimulai pukul 09.00 WIB bertempat di Kampus B UNJ.

Pembukaan acara dilaksanakan di samping Gedung Serba Guna yang dipimpin oleh Gabela Aktarila selaku MC. Peresmian dan sambutan disampaikan oleh Aditiya Nugraha selaku Ketua Festival Comdev 2016. Kemudian dijelaskan teknis masing-masing lomba oleh Sie Acara.

Berbagai jenis lomba diselenggarakan. Lomba yang dilakukan secara bersamaan yaitu lomba mewarnai berada di Saung Ungu FMIPA, lomba adzan dan hafalan bertempat di Masjid Ulul Albaab, lomba memasukkan air dan lomba memasukkan cabai bertempat di samping GSG.

Kemudian setelah seluruh lomba individu selesai, dilanjutkan dengan lomba duet antara kakak-adik dari setiap comdev. Yakni lomba bakiak dan lomba tebak balon pada pukul 10.30 WIB bertempat di samping GSG.
Perlombaan selesai pada pukul 11.45 WIB sehingga para peserta dan panitia langsung menuju MUA untuk mendirikan sholat dzuhur dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Pada pukul 13.00 WIB, acara dilanjutkan kembali dengan mengumumkan pemenang masing masing lomba dan pemberian hadiah oleh Panitia Festival Comdev yang bertempat di Saung Ungu FMIPA. Berikut adalah nama-nama pemenangnya :
Lomba Adzan
1. Adam (Comdev UNJ)
2. Fahri (Desa Binaan)

Lomba Hafalan Surat Pendek
1. Malaika (Desa Binaan)
2. Al Gifari (Rumbel Ceria PGSD)

Lomba Bakiak
1. Tim Rumbel Ceria PGSD
2. Tim Comdev UNJ

Lomba Tebak Balon
1. Fadhil (Comdev Unj)
2. Maria (Rumbel Ceria PGSD)

Lomba Memindahkan Air
1. Saura (Desa Binaan)
2. Aji (Desa Binaan)

Lomba Masukin Cabai
1. Faliha (Desa Binaan)
2. Nadya (Desa Binaan)

Mewarnai
1. Fariki (Comdev UNJ)
2. Shofi (Desa Binaan)

Acara diakhiri dengan doa bersama yg dipimpin oleh Wahyu Hutomo dan ditutup oleh MC, serta pemberian bingkisan dan sesi foto bersama.